Panduan untuk Tetap Sehat di Jakarta (2019) | Ulasan MaxNightClub Nightlife


0
Panduan untuk Tetap Sehat di Jakarta (2019) | Ulasan Jakarta100bars Nightlife

Jika Anda sedikit sadar kesehatan, Anda punya banyak alasan untuk khawatir tinggal di Jakarta.

Mari kita mulai dengan polusi udara.

Jakarta adalah kota paling tercemar di Asia Tenggara pada tahun 2018, dengan 191 hari dari 365 yang dianggap tidak sehat. Selama waktu itu, tingkat PM2.5 tercapai hingga 10 kali batas paparan yang direkomendasikan yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia.

Sekadar mengingatkan Anda, polusi air telah dianggap mengurangi harapan hidup hingga 6 tahun di beberapa kota di India atau Cina, yang jauh lebih dari sekadar merokok, alkohol, HIV, penggunaan narkoba atau cedera di jalan.

Lalu, ada gaya hidup yang menetap. Pernahkah Anda berjalan lebih dari 1 jam di luar Jakarta? Mungkin tidak, atau paling tidak sangat jarang. Trotoar tidak ada atau tidak aman, panasnya tak tertahankan, tidak ada taman, dan udaranya menjijikkan. Tidak heran orang Indonesia adalah orang-orang yang berjalan paling sedikit di dunia (rata-rata 3.500 langkah sementara jumlah yang disarankan adalah 10.000).

Akhirnya, ada semua kelemahan standar keselamatan dan kebersihan. Pada 2017, The Economist menempatkan Jakarta di urutan ke 56 dari 60 kota di dunia untuk jaminan kesehatan. Hanya Karachi, Dhaka, Yangon dan Kairo yang lebih buruk. Seperti akses ke makanan sehat, kematian akibat kecelakaan mobil, kualitas perawatan kesehatan, dan lainnya (lihat laporan lengkap di sini).

Terlepas dari semua fakta menakutkan ini, ada cara efektif untuk melindungi diri sendiri. Gulir ke bawah untuk menemukan 9 rekomendasi teratas saya untuk tetap sehat di Jakarta:

1) Investasikan alat pembersih udara untuk rumah atau apartemen Anda

Meskipun Anda tidak dapat mengontrol kualitas air di luar, Anda dapat dengan mudah memastikan bahwa air yang Anda hirup di rumah lebih aman.

Mulai dari US $ 50, Anda dapat membeli pembersih udara dengan filter HEPA sejati. 99,97% partikulat lebih besar dari 0,3 mikron (termasuk bakteri dan virus).

Selangkah lebih jauh, Anda dapat memilih pembersih udara dengan filter HEPA sejati DAN karbon aktif. Yang terakhir ini juga akan menghilangkan bau, gas, bahan kimia, dan asap. Harganya sedikit lebih mahal, mulai dari lebih dari US $ 100 untuk model ini:
Atau, Anda dapat membeli tanaman yang diketahui dapat menghilangkan polutan (Lihat daftar ini dari NASA).

2) Gunakan masker polusi udara berperingkat-N95

Ketika Anda pergi ke luar, terutama saat polusi puncak atau jika Anda mengendarai sepeda motor, Anda harus mengenakan masker polusi udara yang tepat. Tanpa satu, rasanya seperti merokok tanpa filter.

Lupakan topeng murah yang bisa Anda beli di Circle K: Mereka tidak bekerja.

Polusi udara terbaik adalah skor dengan peringkat N-95, yang berarti mereka akan menyaring setidaknya 95% partikel di bawah 0,3 mikron. Sertifikasi dari pemerintah AS disebut NIOSH dan saya tidak mengetahui adanya merek lokal yang lulus tes.

Sebagai gantinya, saya sarankan Anda menggunakan produk dari merek 3M. Mereka menjual topeng mereka masing-masing lebih dari US $ 1 (lihat contoh-contoh ini).

3) Masak makanan Anda sendiri (sesering mungkin)
Pisang goreng (pisang goreng)

Saya suka makanan Indonesia, terutama dari jalan. Tetapi saya harus mengakui bahwa sebagian besar hidangan tidak sehat. Metode memasak terburuk, menggoreng dan menggoreng, adalah yang paling umum di negara ini. Yang memperburuk keadaan, menggoreng paling sering dilakukan dengan minyak kelapa sawit yang telah digunakan dan digunakan beberapa kali (meningkatkan risiko kanker).

Saya juga dapat berbicara tentang santan, gula, pengawet, dan pestisida, tetapi saya yakin Anda pasti # 39; Saya mengerti: Anda harus memasak sendiri sesering mungkin.

Tentu saja, dengan memasak, saya tidak bermaksud menyiapkan mie instan atau memasukkan jari-jari ikan ke dalam oven: Ini mungkin lebih buruk daripada acara makanan jalanan.

Sebagai gantinya, Anda harus membeli bahan-bahan yang belum diubah (ikan, unggas, nasi, pasta, kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, dll) dan memasaknya dengan cara yang akan melestarikan nutrisi dan vitamin mereka: direbus, tumis ringan atau kukus.

Mengenai label organik di Indonesia, saya tidak peduli dengan mereka karena saya ragu mereka bisa dipercaya. Pastikan Anda mengupas kulit sayuran dan buah-buahan, atau mencucinya dengan air saring.

4) Cerdas jika menggunakan sepeda motor

Dalam 15 tahun saya di Indonesia, saya telah mengunjungi 2 teman dan kolega yang telah terlibat dalam kecelakaan sepeda motor, dan saya tahu setidaknya 10 yang terlibat dalam kecelakaan serius.

Mengendarai sepeda di Jakarta sangat berbahaya, tetapi Anda dapat meningkatkan keamanan Anda dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan sederhana:

– Kenakan helm pelindung: Bukan yang diberikan Gojek kepada Anda, dan bukan yang Anda beli di jalan seharga US $ 20. Yang baik harus disertifikasi ECE22.05 (Uni Eropa) atau DOT (AS).

– Kenakan pakaian pelindung: Sarung tangan, celana, sepatu, dan jaket.

– Pilih sepeda baru, dan periksa apakah semuanya berfungsi baik (rem, lampu, tenaga akselerasi, cermin, oli, dll).

– Jangan minum dan mengemudi.

– Untuk membatasi paparan polusi, gunakan masker (lihat di atas).

– Selalu lebih suka cara-cara alternatif untuk berkeliling, terutama untuk jarak jauh: Taksi, mobil, TransJakarta, MRT atau kereta api.

5) Tetap bersih!

Banyak masalah kesehatan di Indonesia berasal dari kurangnya kebersihan atau lingkungan yang kotor. Untuk melindungi diri Anda, Anda harus memastikan rumah dan tubuh Anda tidak terkontaminasi.

Mengadopsi kebijakan larangan memakai sepatu di rumah Anda adalah ide yang cerdas. Tahukah Anda bahwa setelah satu bulan, 93% sepatu mengalami masalah feses (ya, kotoran)? Dan 70% itu membawa kuman E. coli?

Ini juga penting untuk gel antibakteri setelah menghabiskan waktu di luar (terutama pada transportasi umum).

6) Periksa apakah vaksin Anda mutakhir

Banyak penyakit di Indonesia dapat dihindari dengan vaksinasi. Ini adalah yang melawan hepatitis A dan B, Tifoid, Tetanus-Difteri, Rabies, dan Meningitis.

Itu tembakan yang banyak, dan saya bukan dokter. Kunjungi satu dan minta saran padanya. Perlu diingat bahwa vaksin perlu beberapa minggu sebelum menjadi efektif.

7) Hindari gigitan nyamuk

Nyamuk adalah hewan paling mematikan di planet ini, di depan laba-laba, kalajengking, hiu, harimau, buaya, dan ubur-ubur.

Mereka membawa dan menularkan penyakit seperti malaria, demam berdarah, chikungunya, ensefalitis, dan demam kuning. Secara total, mereka membunuh 725.000 orang dan menginfeksi 700 juta lebih setiap tahun.

Sayangnya, Indonesia memiliki banyak dari mereka.

Untuk menghindari gigitan nyamuk, ikuti aturan ini:
– Tutup jendela dan pintu Anda dari matahari terbenam hingga matahari terbit
– Kenakan celana panjang dan kemeja lengan panjang saat berada di luar di malam hari atau di malam hari
– Oleskan penolak nyamuk (dengan konten dalam DEET antara 30% dan 50%) pada bagian tubuh Anda yang paling terbuka (leher, telinga, lengan, pergelangan kaki).

8) Tetap bugar

Ketika Anda tinggal di Jakarta, pergi ke gym hampir wajib. Tidak seperti di kota-kota lain, Anda tidak dapat tetap bugar dengan berjalan pulang dari kantor atau berlari di taman. Anda membutuhkan cara buatan untuk membuat jantung berdetak dan mengaktifkan otot-otot Anda.

Anda tidak perlu berolahraga setiap hari. 3 kali seminggu, lakukan kardio 30 menit dan angkat besi 30 menit, dan Anda akan melihat perbedaan besar dalam kesehatan Anda secara keseluruhan.



9) Selalu memiliki asuransi perjalanan atau medis

Jika Anda adalah anggota grup ekspat Jakarta atau Bali di Facebook, Anda akan melihat setiap bulan sebuah pos tentang upaya penggalangan dana untuk membayar tagihan medis orang asing (atau untuk membayar evakuasi medisnya). Untuk kecelakaan skuter bodoh, biayanya dapat dengan mudah mencapai puluhan ribu dolar.

Cedera sederhana seperti patah dapat berarti masalah seperti yang Anda lihat dengan turis ini:

Jika Anda belum yakin, baca posting saya tentang mengapa Anda memerlukan asuransi perjalanan di Indonesia.

Ada beberapa perusahaan asuransi yang dapat diandalkan. Salah satunya adalah WorldNomads, yang direkomendasikan oleh Lonely Planet.

Anda dapat memeriksa berapa biayanya dengan widget ini:


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *