Jakarta Nightlife 2019: Best Bars, Clubs, Spas and Hotels

Ulasan kehidupan malam Jakarta ini merupakan pembaruan untuk artikel saya tahun 2015 dan harus mencakup semua pertanyaan yang Anda miliki tentang berpesta di Jakarta pada tahun 2019.
Jika Anda adalah pengunjung pertama kali, Anda mungkin juga tertarik dengan Panduan Perjalanan Jakartasaya  . 

Catatan : Saya terakhir memperbarui ulasan ini pada 30 Januari 2019.
Area Kehidupan MalamAda begitu banyak area kehidupan malam di Jakarta yang dapat membingungkan bahkan bagi penduduk.
Secara umum, Jakarta Selatan (bagian modern kota) memiliki kehidupan malam yang normal dan berkelas, sedangkan Jakarta Utara (pusat sejarah) memiliki kehidupan malam yang nakal.

Secara terperinci, lingkungan berikut adalah yang paling banyak terjadi: 

→ Mega Kuningan : Anda akan menemukan bar-bar apik dalam jarak berjalan kaki satu sama lain: Basque (bar expat nomor 1 di Jakarta), Loewy (dulu nomor 1), Flow ( lounge yang tenang), Safehouse (ekspatriat trendi, musik elektro), McGettigan (pub Irlandia modern), Jack Sparrows (di sebelah Basque). Populer dengan ekspatriat muda, orang Indonesia dan cewek kebarat-baratan mencari ekspatriat. Jika ini pertama kalinya Anda ke Jakarta, mulailah dari sini (saya sarankan Anda untuk tinggal di  Oakwood Cosmo , hotel ideal di daerah itu).

→ SCBD : Wilayah paling trendi di kalangan anak muda Indonesia. Kompleks kehidupan malam utama di sana disebut Fairgrounds dan memiliki beberapa tempat populer seperti Lucy in the Sky (hipster), Fable Club (populer dengan remaja) dan Pallas Lounge (hanya sibuk di akhir pekan). Di tempat lain di SCBD, Anda juga harus mencoba klub Empirica (keramaian Indochinese), Beer Hall (musik live), Beer Garden (harga lebih murah), Hard Rock Café, Belanda (restoran dan bar, kerumunan orang asing) dan Cork & Screw (Indochinese berusia 30-an). Foundry 8 sudah ditutup.

→ Senopati : Lingkungan hunian yang makmur dengan bar dan restoran eksklusif yang melayani kaum elit, khususnya Indonesia-Cina. Hotspot saat ini adalah Monty, Savoi, Lola dan H Gourmet and Vibes. 

=> Senopati dan SCBD tidak memiliki pilihan hotel terjangkau yang bagus. Di area itu, Anda dapat memesan apartemen di Airbnb  . Yang terbaik adalah Residence 8 dan District 8, terutama jika Anda membutuhkan 2 atau 3 kamar tidur. Jika Anda belum pernah membuat akun di Airbnb, gunakan tautan ini dan Anda akan mendapat $ 40 dari pemesanan pertama Anda.

→ Jalan Jaksa / Menteng / Sarinah : Di sinilah Anda akan menemukan akomodasi bernilai baik di Jakarta Pusat. Bar di area itu lebih murah daripada rata-rata dan mereka akan menarik wisatawan, backpacker, dan orang Indonesia dengan anggaran terbatas. Bar terbaik di sana: Taman Bir Wahid Hasyim dan Camden Cikini. 

=> Ini adalah lokasi yang baik untuk tinggal di Jakarta jika Anda memiliki anggaran terbatas. Saya merekomendasikan Holiday Inn Express Wahid Hasyim .

→ Kemang : Area perumahan lain, disukai oleh keluarga ekspatriat. Ini memiliki beberapa bar dan restoran expat (Eastern Promise, Frank’s, Murphy’s, Queen’s Head) dan beberapa klub malam untuk remaja (Dronk, 999, Nu China). Hotspot saat ini adalah Hotel Monopoli dengan klub, restoran, dan atap.

→ Pantai Indah Kapuk : Potongan restoran dan bar untuk orang Indonesia-Tionghoa muda, biasanya kaya, yang tinggal di Pluit.

→ Glodok / Kota : Salah satu distrik lampu merah utama di Jakarta Utara. Ini memiliki segalanya, mulai dari klub mewah hingga panti pijat murah dan bordeli. 

=> Ini adalah area yang bagus untuk hotel berkualitas terjangkau. Favorit saya adalah Santika Hayam Wuruk .Sempurna jika Anda juga ingin mengunjungi kota tua Jakarta.

→ Blok M : Distrik lampu merah kecil di Jakarta Selatan, populer di kalangan orang Barat yang lebih tua. Semua bar nyonya rumah berjejer di Jalan Falatehan. Sayangnya ini adalah area yang sekarat yang kosong pada hampir setiap malam.

→ Melawai dan Grand Wijaya : Dua distrik lampu merah di Jakarta Selatan menargetkan Jepang dan Korea (karaoke dan panti pijat).
Beberapa mal mewah juga memiliki bar dan klub: Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Pacific Place, Senayan City, Plaza Senayan, Central Park, dan Pondok Indah.
Beruntung bagi Anda, saya menulis artikel terperinci tentang semua area ini: Tempat Pesta di Jakarta: Nightlife + Hotel .
Kapan Harus Berpesta?
Kehidupan malam di Jakarta sibuk sepanjang tahun dengan jeda selama ramadhan. Klub malam Jakarta Selatan sibuk dari tengah malam hingga jam 4 pagi dan yang ada di Jakarta Utara dari jam 8 malam sampai jam 3 pagi. Beberapa tempat memiliki jam buka lebih lama (Golden Crown, 108 (ex-Illigals), Puja Sera). Jika Anda ingin pesta 24 jam, solusi terbaik adalah menyewa ruang karaoke rekomendasi Maxbetasia88, misalnya di 108 Club atau Fashion Hotel.
→ Minggu, Senin, Selasa, Kamis: Diam di Selatan, normal di Utara.Klub malam “normal” akan ditutup, tetapi sebagian besar bilah akan dibuka. Yang paling sibuk adalah Basque, Loewy, Social House, Cloud, Cork & Screw, Skye. 

Bar pelacur di hotel bintang 5, seperti BATS dan CJ cukup banyak terjadi. 

Di Utara, klub nakal seperti Malioboro, Golden Crown, 36, Tease, harusnya cukup ramai. Dari apa yang saya diberitahu, ini karena lebih mudah bagi pria yang sudah menikah untuk pergi selama seminggu. Ada juga lebih banyak pengusaha di Jakarta pada hari kerja.
→ Rabu adalah hari pesta favorit saya di Jakarta.Semua klub dan bar biasanya terbuka dan sibuk. Biaya masuk lebih rendah dan Anda mendapatkan promosi malam wanita. 

Cobalah bar atap seperti Cloud atau Henshin, bar seperti Basque, lalu pergilah ke Dragonfly.
Baca: Happy Hours and Ladies Nights Terbaik di Jakarta
→ Jumat dan Sabtu adalah malam yang paling padat. 
Harga bisa lebih tinggi pada hari-hari itu. Biaya masuk ke klub-klub mewah dapat mencapai IDR300.000. Ada lebih banyak orang asing di Jakarta karena banyak yang datang dari seluruh Asia Tenggara ke pesta.
Hotel di Jakarta Dekat Kehidupan MalamSaya menerima email hampir setiap hari dari pembaca yang bertanya di mana saya harus tinggal dekat kehidupan malam Jakarta. Jawaban saya selalu sama: “Temukan hotel dalam jarak 500 meter dari Jalan Sudirman”.
Booking.com memiliki daftar hotel di area yang dapat Anda periksa di sini: Hotel Dekat Jalan Sudirman Jakarta .
Rekomendasi pribadi saya adalah:
→ 5-bintang (lebih dari $ 150 / malam)
Kempinski  atau  Mandarin Oriental .Shangri-La  dan  Mulia  keduanya memiliki bar musik live yang sibuk yang penuh dengan gadis yang bekerja.Oakwood Premier Cozmo  memiliki lokasi yang bagus di Mega Kuningan dan saya merekomendasikannya jika Anda berencana untuk berkencan dengan gadis-gadis Indonesia (Anda dapat mengundang mereka di lantai bawah ke Loewy).
→ 4-bintang (lebih dari $ 100 / malam)
Fraser Residence ,  Fraser Place  dan  Ascott Kuningan  adalah baru, terletak di pusat dan dekat kehidupan malam. Di dekat Sarinah, Artotel , Morrissey ,   dan  Kosenda  memiliki bar sendiri.
→ 3-bintang (lebih dari $ 40 / malam):Harris FX  (sangat populer karena lokasinya dalam mal gaya hidup),  Ayaka Suites ,  Liberty Hotel ,  A-One ,  Ashley .
→  Di bawah $ 40 per malam :Dreamtel ,  Cipta ,  MaxOne , Favehotel Wahid Hasyim , Favehotel Gatot Subroto
Semua hotel di bawah ini berperingkat baik di Agoda. Silakan pertimbangkan memesan mereka dengan tautan yang saya berikan saat saya mendapat komisi setiap kali. Harga untuk Anda sama dan itu membantu saya.
Backpackers tanpa uang cadangan dapat memeriksa rumah tamu langsung di Jalan Jaksa dan jalan-jalan terdekat. Anda bisa mendapatkan kamar dengan kipas di bawah Rp100.000. 

Jangan lupa untuk memeriksa apartemen di Airbnb juga, terutama jika Anda tinggal bersama sekelompok teman karena Anda dapat menghemat uang dengan memesan unit 2 atau 3 kamar tidur. Jika Anda memerlukan rekomendasi apartemen, jangan ragu untuk menghubungi saya karena saya sudah mencoba setidaknya 30 di Jakarta dari yang murah hingga yang mewah.

Bar Terbaik di Jakarta

Saya sudah menulis artikel panjang tentang 50 bar terbaik di Jakarta sehingga saya tidak akan mengulangi lagi di sini. Sebagai gantinya, saya hanya akan meringkasnya sebagai berikut:
Bar untuk Gadis Rapat→ Cewek yang berusia 20+: Basque, Loewy, Bluegrass, Social House, Henshin→ Gadis-gadis yang berusia 30+: Janji Timur, Afrodit→ Gadis yang ingin uang: BATS, CJs, My Bar, 36
Bar Murah→ Untuk siswa: Camden, Halfway, Beer Garden→ Untuk backpacker: Melly’s Garden, Memories ‘Pub→ Untuk ekspatriat: Master, Everest
Bar Trendy:→ Untuk ekspatriat muda: Basque, Loewy, Bluegrass, Belanda, Safehouse, Jack Sparrows→ Untuk Tionghoa dan Hi-So Indonesia: Monty, Léon, Savoi, Proof, Union, Cork and Screw, Pao Pao→ Untuk para hipster: Lucy in the Sky, Lola, Hide dan Seek
Bar Terbaik untuk Rapat Ekspatriat dan Menonton OlahragaJanji Timur, Afrodit, Murphy, Tuan, De Hooi, McGettigan
Baca: Bar Terbaik untuk Rapat Ekspatriat di Jakarta dan Bar Olahraga Terbaik di Jakarta
Bar Terbaik untuk Musik LangsungBATS, CJs, Eastern Promise, Hard Rock, Rolling Stones, Paulaner Brauhaus
Bar Terbaik untuk Dingin→ Atap: Henshin, Cloud, SKYE→ Lounge: Aliran, Burgundy, Larangan
Klub malam terbaik di Jakarta

Adapun bar terbaik, saya juga menulis peringkat dari klub malam favorit saya di Jakarta: Top 10 Klub Malam di Jakarta . Di bawah ini adalah gambaran umum singkat:
Klub malam untuk Gadis Pertemuan (juga yang paling populer dengan orang asing)Capung, Imigran, Jenja 

Pembaruan Februari 2018: 
X2 sekarang ditutup. Mereka akan segera dibuka kembali dengan nama baru dan konsep baru. Periksa Instagram mereka untuk informasi lebih lanjut:  https://www.instagram.com/x2clubjakarta/ . Pembaruan Februari 2019: Imigran juga telah ditutup!

Baca: Klub malam untuk bertemu gadis-gadis di Jakarta
Klub malam untuk Orang Muda:Blowfish, Fable, Dronk, 999, Nu China
Klub Malam Kelas AtasEmpirica, Capung, Blowfish, Imigran
Klub malam dengan Electro / TechnoJenja
Klub malam dengan Hip-HopEquinox (lantai atas X2) – Saat ini ditutup.
Klub malam dengan EDMEmpirica, Domain
Klub malam yang lebih murah:Dronk, Nu China, 999, CamdenPada tingkat lebih rendah: Domain
Klub malam dengan Lady Companions dan Working Girls→ Klub kelas atas: Colosseum (kompleks 1001), Alexis (tertutup), 108 klub (ex-Illigals), Malioboro, Tease Club (Kompleks Emporium)→ Klub kelas menengah: Klasik, King Cross, Sumo, Perjalanan, Mahkota Emas, Newton, Tematik, B’Fashion→ Klub kelas bawah: MTR, Starmoon, Cherry, Mars (biasanya mereka berada di distrik lampu merah Lokasari, di Mangga Besar, di Kota Indah atau di pinggiran kota).
Perhatikan bahwa semua tempat kelas atas dan menengah yang disebutkan di atas terletak di dalam kompleks “hiburan satu atap” besar yang menampilkan spa dan karaoke. Mereka adalah rumah bordil de facto dengan pelacur mereka sendiri, kadang-kadang bahkan orang asing (Thailand, Cina, Vietnam, Uzbek, dll.).
Anehnya, beberapa di antaranya adalah hotel tempat Anda dapat memesan kamar dan tidur di sebelah spa:
Classic Hotel : $ 30 per malam di Agoda (diberi peringkat 7.2 / 10) – Lokasi di Jakarta Pusat, cukup nyaman.Tematik Hotel : $ 29 per malam di Agoda (diberi peringkat 6.7 / 10) – Lokasi di Jakarta Utara (Pluit)B’Fashion Hotel : $ 39 per malam di Agoda (diberi peringkat 7.1 / 10) – Lokasi di Jakarta Barat antara bandara dan pusat kotaThe Plaza Hotel (Golden Crown): $ 27 per malam di Agoda (diberi peringkat 6.5 / 10)


Bertemu Gadis di Jakarta

Biasanya mudah bertemu dengan seorang gadis di Jakarta, terutama jika Anda seorang pendatang. Sebagai seorang musafir, ini mungkin sedikit lebih rumit karena kebanyakan gadis akan menganggap Anda tidak mencari hubungan jangka panjang.
Bertemu gadis online:Aplikasi dan situs kencan terbaik adalah Tinder ,  IndonesianCupid , Badoo, Skout dan Paktor. Anda dapat mencoba beberapa dari mereka, mengetahui bahwa:
→ Tinder paling cocok digunakan untuk pria berpenampilan layak antara 18 hingga 35 yang tinggal di Indonesia. Jika Anda berkulit putih, Anda akan mendapatkan banyak kecocokan, tetapi jangan berharap itu akan diterjemahkan secara otomatis menjadi dudukan satu malam.
→  IndonesianCupid  bekerja paling baik dengan orang-orang yang tidak tinggal di Indonesia. Untuk beberapa alasan, situs web ini penuh dengan gadis-gadis yang ingin menikahi orang asing dan yang tidak keberatan dengan hubungan jarak jauh. Anda dapat menggunakannya untuk membuat kontak beberapa minggu sebelum datang ke Jakarta. Itu adalah situs yang membayar tetapi harganya masuk akal.
Jika Anda merencanakan perjalanan di Asia Tenggara, sebaiknya gunakan AsianDating  sebagai gantinya (saudara perusahaan Cupid Indonesia). Situs ini memiliki ribuan gadis dari mana-mana (kebanyakan dari Thailand, Filipina dan Indonesia).
→ Skout menarik sebagai opsi cadangan karena gratis. Namun, ada banyak iklan yang mengganggu dan Anda tidak dapat mengubah lokasi Anda. Jumlah gadis di sana juga sangat terbatas. 

→ Badoo memiliki beberapa gadis berbahasa Inggris dan banyak pelacur. Saya tidak merekomendasikannya lagi.
→ Paktor adalah aplikasi kencan yang populer di kalangan anak muda Indonesia menengah ke atas. Saya hanya memiliki sedikit keberhasilan dan harganya mahal. Saya akan merekomendasikannya jika Anda adalah orang Cina Asia dan di bawah 25 tahun. 

→ Dua opsi lainnya adalah Happn dan Bumble, tetapi sekali lagi sangat terbatas dalam hal jumlah gadis.
Anda dapat membaca artikel yang lebih rinci tentang topik ini di sini: Aplikasi Kencan Online Terbaik di Indonesia  dan 15 Aplikasi Kencan Terbaik di Asia .
Bertemu gadis-gadis di klub malamJika Anda muda dan percaya diri, klub malam adalah pilihan terbaik kedua Anda untuk bertemu gadis-gadis di Jakarta. Stand satu malam cukup umum, terutama dengan gadis-gadis dari Basque, Immigrant dan Dragonfly. Namun, berhati-hatilah, seiring bertambahnya usia, semakin besar kemungkinan Anda akan diminta sejumlah uang di pagi hari.
Membuat langkah pertama adalah hak prerogatif seorang pria: gadis-gadis Indonesia mungkin menatap Anda, tetapi mereka jarang akan mendekati Anda secara langsung. Hal yang baik adalah bahwa mereka tidak pernah sombong dan bahkan jika mereka menolak Anda, itu akan dengan cara yang lembut.
Ini adalah ide yang bagus untuk membeli botol di klub malam. Ini tidak hanya memberi Anda pintu masuk gratis untuk beberapa orang, meja / sofa dan lebih banyak perhatian dari para pelayan, ini juga merupakan cara yang bagus untuk mendekati perempuan dan mengundang mereka untuk bergabung dengan Anda untuk minum. Banyak yang tertarik pada botol seperti lalat tertarik pada madu. Pada akhirnya, biayanya masuk akal, terutama bila dipisah antara beberapa pria.
Pertanyaan yang Sering Diajukan:Ini adalah beberapa pertanyaan paling umum yang saya terima dari pembaca:
Apakah saya memerlukan ID untuk mengunjungi klub di Jakarta?Beberapa klub mungkin bertanya ID jika Anda terlihat berusia kurang dari 21 tahun. Secara pribadi, saya tidak pernah membawa satu dan saya hanya diminta sekali, di Camden Bar Cikini.
Klub malam kelas atas bisa sangat ketat dengan persyaratan usia. Dragonfly tidak mengizinkan siapa pun di bawah 21 tahun. Jika Anda berusia di bawah 18, Anda dapat mencoba beberapa klub di Kemang, seperti Venue (terkenal karena menerima clubbers di bawah umur).
Berapa yang akan saya keluarkan untuk keluar?Berpesta di Jakarta agak mahal, terutama karena pajak atas alkohol (200%).
Di bar murah, bir kecil akan berharga 2-3 $, segelas alkohol 4-5 $ dan koktail 6 $. Di bar kelas atas, bir kecil adalah $ 5-6, segelas minuman keras $ 6-9 dan $ 7-10 koktail.
Biaya masuk ke klub malam terbaik adalah sekitar $ 15 pada hari Rabu dan $ 20 pada akhir pekan. 

Tagihan taksi dapat menumpuk dengan cepat, terutama jika Anda pergi dari Utara ke Selatan dan sebaliknya. Perjalanan 15 menit biayanya sekitar $ 5. Anda dapat menghemat banyak uang dengan menggunakan aplikasi transportasi seperti Grab dan Go-Jek (hingga 50%). Uber tidak lagi beroperasi di Jakarta.
Secara total, saya akan mengatakan Anda perlu setidaknya $ 100 untuk bersenang-senang. 
Jika Anda tidak mampu membelinya, Anda dapat  membeli botol secara online atau membawanya dari bebas pajak dan mulai minum di rumah sebelum memukul klub.
Apa kode berpakaian di klub-klub di Jakarta?Anda tidak dapat memasuki klub malam di Jakarta dengan sandal jepit dan celana pendek. Pastikan Anda mengenakan kemeja, celana panjang dan sepatu. Hindari jins robek, bahkan jika harganya $ 500 sepasang.
Wanita sering diminta mengenakan gaun dan sepatu hak tinggi. Capung, Imigran, Fabel, Empirica, Blowfish, dan X2 semuanya menegakkan aturan ini dengan ketat.
Di mana saya dapat membeli obat-obatan?Saya selalu merekomendasikan untuk tidak membeli obat di Jakarta dan di Indonesia pada umumnya. Anda dapat melakukannya dengan lebih aman di Eropa atau di AS sekarang. Saya menulis tentang topik ini dalam sebuah artikel:  Apakah aman untuk membeli obat-obatan di Indonesia?
Jika Anda keras kepala, ini adalah klub malam di mana obat-obatan umum: klub 108 (ex-Illigals), Golden Crown, Exotis, Siera (Puja Sera) dan Kota Tua.
Bagaimana menurut Anda pemilihan Gubernur baru akan berdampak pada kehidupan malam Jakarta? Akankah Stadium dibuka kembali?Beberapa orang yang mendukung Anies Baswedan, Gubernur baru, kemungkinan memiliki hubungan dengan industri kehidupan malam di Jakarta (lihat  Siapa yang Memiliki Kehidupan Malam Jakarta? ). Orang-orang ini tertarik untuk membuka kembali klub malam seperti Mille’s, Stadium, atau distrik lampu merah Kalijodo.
Bar, klub, dan spa juga merupakan pembuat uang dan mereka mempekerjakan ribuan orang. Mereka adalah salah satu dari sedikit hal menarik untuk dilakukan di Jakarta, dan tanpa mereka, kota ini akan menerima lebih sedikit wisatawan.
Masalahnya adalah bahwa Anies melakukan seluruh kampanye tentang agama dan, untuk itu, dia berjanji akan memberantas prostitusi.
Sementara saya yakin bahwa itu adalah janji kosong, mengizinkan pembukaan kembali Stadion akan menjadi penghinaan bagi pemilihnya sehingga saya tidak bisa membayangkan itu akan terjadi. Dengan nama yang berbeda, dalam beberapa tahun, mengapa tidak, tetapi tidak dalam waktu dekat.
Dia mungkin perlu menutup beberapa tempat lambang, khususnya yang milik kelompok Alexis yang telah dihindarkan oleh Ahok sampai sekarang.
Apakah dia akan melangkah lebih jauh? Masih terlalu dini untuk mengatakan. Itu semua akan tergantung pada seberapa parah dia perlu memainkan kartu agama untuk tetap di kantor atau untuk mengalihkan perhatian.
Apa pun yang terjadi, warga Jakarta akan selalu menemukan cara untuk berpesta dan pelacuran tidak akan berhenti lagi. Jika mati di satu tempat, itu hanya bereinkarnasi di tempat lain.