Bagaimana cara mengirim uang dari Indonesia ke negara lain? | Ulasan MaxNightClub Nightlife

<pre><pre>Bagaimana cara mengirim uang dari Indonesia ke negara lain? | Ulasan Jakarta100bars Nightlife

Meskipun relatif mudah untuk mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia, dapat menjadi lebih rumit untuk melakukan yang sebaliknya: Untuk mengirim uang dari Indonesia (IDR) ke negara lain dengan mata uang yang berbeda.

Karena gaji saya dibayar dalam rupiah di rekening bank Indonesia, saya sering harus mengirim uang kembali ke Prancis dan saya telah menggunakan beberapa metode untuk melakukannya.

Dalam artikel di bawah ini, saya akan memberikan rekomendasi terbaik berdasarkan pengalaman pribadi saya. Saya telah memberi peringkat opsi dari yang terbaik hingga yang terburuk, tergantung pada kecepatan transfer, kenyamanannya, dan biayanya.

Jika Anda merasa saya lupa sesuatu atau jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menulis komentar kepada saya.

Sejauh ini, ini adalah cara termudah untuk mengirim uang dari Indonesia ke luar negeri. Ini cukup baru sehingga saya baru mulai menggunakannya baru-baru ini dan telah menjadi pengubah permainan.

Aplikasi ini, tersedia untuk iPhone dan Android, dilisensikan sebagai perusahaan pengiriman uang oleh pemerintah Indonesia dan Australia (Austrac), dan diatur berdasarkan peraturan dari Bank Indonesia. Anda mungkin pernah mendengarnya dengan nama perusahaannya, PT Indo Koala. Ini sebenarnya cukup terkenal karena mereka telah menangani lebih dari US $ 15 juta hingga saat ini.

Ini bekerja sedikit seperti Transferwise (yang tidak tersedia untuk transfer uang dari Indonesia ke dunia): Mereka menyimpan uang di bank-bank dari berbagai negara dan ketika Anda membayar mereka dengan rupiah, mereka hanya mengkonversi uang dan melakukan transfer lokal dari mereka memiliki rekening bank asing untuk Anda.

Ini sangat sederhana dan Anda dapat melakukan semuanya secara online dalam waktu kurang dari 10 menit. Cukup masukkan jumlah yang ingin Anda kirim di situs web mereka Transfez.com, maka Anda akan melihat persis berapa banyak yang akan Anda dapatkan dalam mata uang yang Anda pilih.

(perhatikan bahwa untuk transaksi pertama Anda, ID Anda perlu diverifikasi untuk mematuhi peraturan anti pencucian uang)

Dengan kurs saat ini, untuk transfer IDR 5.000.000 dari Indonesia ke Prancis (euro), Anda harus menerima sekitar 300 euro:

Ini hanya sekitar 5 euro kurang dari nilai tukar yang disediakan oleh Google (lihat di bawah), dan ini sesuai dengan biaya IDR 74.000 + mark-up kecil pada nilai tukar. Setahu saya, ini adalah harga termurah yang bisa Anda dapatkan untuk transfer semacam itu.

Kecepatan transfer bervariasi tergantung pada negara tujuan pengiriman Anda. Untuk Inggris, Australia, Singapura, Hong Kong, dan India, hanya perlu 15 menit. Untuk Brasil atau Korea Selatan, itu hanya masalah beberapa jam, sedangkan untuk Eropa, satu hari kerja diperlukan sebelum uang muncul di rekening bank Anda.

Satu-satunya masalah dengan Transfez adalah bahwa ia belum mengizinkan transfer ke setiap negara. Anda dapat mengirim ke sebagian besar Eropa, ke Australia, ke Cina, ke India, ke Jepang, ke Korea Selatan, ke Malaysia, ke Singapura, ke Thailand, dan ke banyak lagi, tetapi tidak ke Amerika Serikat atau Kanada. Semoga, mereka menambahkan kemungkinan ini segera.

Pengiriman Uang Gratis

Gunakan kode promo "100BARS" sebelum membayar. Transaksi pertama Anda dengan Transfez akan gratis!

akun bank

Jika Transfez tidak mengirim uang ke negara Anda, solusi terbaik kedua Anda adalah dengan hanya mentransfer uang dari rekening bank Indonesia Anda ke yang ada di negara asal Anda. Anda dapat melakukannya secara online dalam beberapa kasus, tetapi paling sering Anda harus pergi ke cabang bank Indonesia.

Anda harus memberikan kode cepat dan / atau IBAN bankir kepada teller Anda, serta detail akun Anda.

Saya telah melakukan ini beberapa kali dengan bank saya (BNI) dan saya membayar biaya sekitar Rp 300.000 untuk transfer 10 juta rupiah. Ini termasuk biaya konversi mata uang, tetapi bukan biaya bank penerima yang merupakan tambahan 20 euro. Anda juga dapat memilih untuk membiarkan bank negara asal Anda melakukan konversi, tetapi biasanya lebih murah untuk melakukannya dengan bank Indonesia Anda.

Serikat barat

Solusi terakhir ini adalah bagi mereka yang tidak memiliki rekening bank Indonesia dan yang ingin mengirim ke negara yang tidak dilayani oleh Transfez.

Anda harus pergi ke agen Western Union, kemudian membayar biaya IDR 350.000, dan akan ada biaya nilai tukar tersembunyi (mark-up dari kurs normal).

Ini tidak benar-benar nyaman dan mahal, tetapi cepat dan layanannya dapat diandalkan.

Kesimpulan

Saat ini, tidak ada keraguan bahwa Transfez adalah solusi terbaik untuk mentransfer uang dari Indonesia ke dunia. Itu jauh lebih murah, lebih nyaman, dan lebih cepat. Selain itu, dengan krisis Co-19 saat ini, tentu lebih aman karena Anda dapat melakukan semuanya secara online tanpa harus pergi ke kantor dan menangani beberapa tagihan kertas. Seperti yang saya sebutkan di atas, Anda bisa mendapatkan transfer pertama dengan mereka secara gratis hanya dengan menggunakan kode "100BARS".